Breaking News

Pentingnya Web Desain Responsive untuk Bisnis Anda


Mungkin anda tak asing lagi mengakses halaman website sepert www.facebook.com, twitter.com, detik.com dan sebagainya. Tapi apa yang terjadi ketika anda membuka website tersebut dengan perangkat mobile ? Ya, anda akan di direct ke halaman versi mobile mereka seperti m.facebook.com, m.twitter.com, m.detik.com dan sebagainya. yang terpisah dari halaman versi dekstopnya.
Dulu itu adalah cara satu-satunya yang paling efektif agar halaman sebuah website dapat diakses dari perangkat mobile dan dekstop. namun kendalanya hal tersebut menyebabkan para pemilik website harus membuat 2 tampilan versi dekstop dan mobile,  Itu berarti juga para pemilik website harus mengeluarkan biaya ekstra dalam pembuatan website tersebut. Belum lagi kerepotan saat dalam mengupdate konten dan maintenance yang harus dilakukan pada kedua versi website.
Kondisi tersebut memacu munculnya gagasan baru yaitu bagaimana caranya membuat sebuah halaman web yang dapat menyesuaikan tampilan terhadap berbagai perangkat dan browser secara otomatis. Ketika ukuran layar perangkat kecil ataupun jendela browser dikecilkan beberapa elemen web akan menyesuaikan baik dari segi ukuran maupun posisi, misalnya pada menu navigasi yang berada diatas dan di sidebar yang berada dikanan akan berpindah kebawah, lalu gambar-gambar akan ikut mengecil seiring dengan mengecilnya layar perangkat ataupun jendela web browser. itulah teknik Responsive Web Design.
Pengertian Responsive Web Design menuru www.wikipedia.org, yang dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini. “Responsive Web Design adalah sebuah desain web/situs yang dibuat untuk memberikan pengalaman menjelajah web secara optimal, mudah dibaca dan bernavigasi, dengan minimum resizing, panning dan scrolling di berbagai perangkat”.
Secara sederhana dapat diartikan bahwa teknik Web Responsive Design adalah membuat halaman website dapat diakses dari berbagai media perangkat seperti Pc, Laptop, Tablet Pc dan Smartphone tanpa harus kehilangan konten atau isi dari website tersebut.

Mengapa Web Responsive Penting ?

Website menjadi sangat penting apalagi jika digunakan untuk keperluan dunia usaha, Kemudahan dalam mengakses website menjadi salah satu faktor dalam kelancaran bisnis. Jika kita mengamati perkembangan teknologi saat ini yang begitu pesat, berbagai macam perangkat mobile seperti Tablet Pc atau Smartphone dikembangkan yang semuanya support mengakses internet dan orang-orang lebih suka mengakses internet melalui perangkat Tablet Pc atau Smartphone mereka.

Ini adalah beberapa hal kenapa Web Responsive penting

1. Direkomendasikan Oleh Google

Hal ini dikarenakan desain web responsive memiliki satu URL dan HTML yang sama, sehingga Google lebih mudah dalam menjelajah, mengindeks dan mengatur konten. Berlawanan dengan website yang memiliki versi mobile terpisah yang memiliki URL dan HTML yang berbeda dari versi dekstopnya Sehingga Google harus menjelajah dan mengindeks beberapa versi yang berbeda dari situs yang sama.

2. Satu Website untuk Semua Perangkat

Dengan menerapkan teknik Responsive Web Design pada website anda maka anda cukup memiliki satu tampilan web saja, dan Website anda akan tampil secara optimal pada berbagai perangkat seperti PC, Laptop, Tablet Pc dan Smartphone.

3. Mudah dikelola

Pemilik website  hanya perlu mengelola satu situs saja, sehingga jauh lebih mudah dalam melakukan maintenance atau update pada isi website daripada harus mengelola dua versi website dekstop dan mobile.

Lihat juga web lainnya:

Baca juga artikel lainnya: Tips Cara Email Marketing
atau kunjungi jasa pembuatan website untuk mengetahui info dan layanan mengenai pembuatan website

Tidak ada komentar