Breaking News

Pengertian Google Analaytics



Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang dapat menampilkan atau memonitor statistik pengunjung sebuah situs website maupun blog. Google Analytics memiliki kemampuan menelusuri data pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, yang datang dari berbagai sumber seperti dari tautan website lain, dari sosial media, iklan, jaringan pay-per-click, tautan yang terkandung dalam dokumen seperti PDF dan juga termasuk dari mesin pencari milik Google sendiri hingga mesin pencari lainnya. 

Google Analytics bisa juga dihubungkan dengan Adwords dengan tujuan untuk menganalisis efektfitas iklan google adwords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna atau pemilik website atau blog dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak mengantarkan pengunjung atau visitor ke situs website ataupun blog pengguna. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan ide kata kunci atau keyword yang tepat untuk iklan Adword maupun website anda. Agar website ataupun blog anda lebih mudah di akses melalui mesin pencari google sehingga memiliki trafik yang cukup baik.
Google Analytics juga dapat digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik atau lalu lintas kunjungan visitor dari sebuah website ataupun blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat laporan tentang trafik website/blog dalam jangka waktu tertentu seperti harian, mingguan, atau bulanan.

Kenapa harus menggunakan Google Analytics:

1. Dapat membantu untuk mengetahui karakteristik pengunjung website.
2. Dapat mengetahui asal visitor yang datang ke web.
3. Dapat mengetahui konten yang paling menarik perhatian visitor.
4. Dapat menampilkan Tingkat Bounce & durasi kunjungan.
5. Mengetahui performa website perhalaman dan dapat mengetahui halaman mana saja yang paling sering dikunjungi.
6. Mengetahui jumlah pengunjung setiap harinya.
7. Memperoleh informasi mengenai kata kunci yang sering digunakan oleh visitor untuk berkunjung  ke web.
8. Dapat menampilkan perangkat dan sistem operasi yang digunakan visitor.
9. Dapat memantau Online Campaigns.
10. Dapat memantau Traffic Sources.
11. Dapat memantau Social Media.
12. Dapat menjadi acuan untuk menganalisa hasil dari strategi marketing dan optimasi SEO, CPC dll yang telah dilakukan.
13. Dapat membantu anda menetapkan Goals dan Conversions.
14. Dapat membantu dalam pembuatan laporan hasil dari kinerja SEO yang sudah diterapkan.


Jika Anda menginginkan peningkatan trafik pada blog atau website anda melalui mesin pencari google, maka acuan utamanya adalah data dari Google Analytics. Karena layanan ini merupakan layanan yang dimiliki Google, maka data atau laporan yang disajikan sangat bisa dipercaya. Terutama jika merujuk pada layanan mesin pencari Google.
Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.
Dengan bantuan tool Google Analytics kita dapat mengetahui darimana sumber traffik web atau blog kita. Meliputi sumber organik yaitu traffik yang berasal dari penerapan SEO atau pengoptimisasian langsung pada web atau blog,  Direct atau pengunjung langsung, Refferal atau backlink dari website lain, Social dan lainnya. Sehingga sebagai pengelola situs kita bisa mengambil kesimpulan optimasi mana yang paling banyak menyumbang traffik. Sehingga kita bisa lebih meningkatkan kulitas dari SEO yang sudah diterapkan pada web ataupun blog kita.

Dengan mengetahui fungsi dan manfaat google analytics ini anda bisa memaksimalkan penggunaanya. Dan dapat segera mengamati perkembangan web ataupun blog serta mengevaluasinya, agar tujuan yang diharapkan dalam pembuatan web atau blog bisa maksimal.

Baca juga artikel lainnya: Pengertian Facebook Ads

Tidak ada komentar